Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, July 6, 2011

Mengapa Minta Maaf....??

Mempercepat permohonan maaf itu sangatlah baik sebab manusia tidak tahu waktu yang pasti kapan kita meninggal dunia. "Apakah kita tahu seandainya kita masih diberi kehidupan oleh Allah sehingga kita harus menunggu Ramadan atau Idul Fitri untuk meminta maaf.


Sikap memaafkan merupakan salah satu cerminan akhlak yang mulia. Pemaaf atau mudah memaafkan, jauh lebih maslahat daripada menunda-nunda memaafkan.
Bila ada rekan yang menghina kita, segeralah memaafkan kesalahannya. Karena, memaafkan itu adalah bagian dari dakwah kita. Berikanlah keteladanan kepada orang lain untuk berbuat baik, memaafkan atau membuka pintu maaf selebar-lebarnya walau orang yang berbuat salah itu belum minta maaf.


Orang pemaaf, cenderung hatinya merasa nyaman. Sebaliknya, pendendam atau tidak pemaaf, hatinya senantiasa gelisah dan resah. Apabila bertemu dengan orang yang berbuat salah, orang pemaaf akan mudah tersenyum dan hatinya lapang.


Pendendam atau orang yang sulit memberikan maaf, kerapkali jika bertemu dengan lawannya akan berwajah murung. Hatinya tidak nyaman, dan sulit tersenyum. Sementara senyum adalah sedekah yang paling mudah dan patut dilakukan seorang Muslim.


Meminta maaf dengan tulus ikhlas itu baik dan Memberi maaf itu jauh lebih baik sebab memberikan maaf itu lebih sulit dan menuntut kelapangan dada kita atas beberpa hal yang membuat hati kita tersakiti.
Semoga kita menjadi orang yang beriman dan ber akhlaq baik amien…
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...