Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, February 21, 2011

Bersama Al-Qur’an

Allah SWT telah memuliakan umat ini dengan memberikan karunia terbaik yang diturunkan bagi mereka. Islam menjadi pedoman hidup terbaik yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, manusia terbaik, dengan sebuah kitab terbaik yaitu Al-Qur’an. Allah SWT telah merangkum segala sesuatu yang menjadi kebutuhan manusia di dalam kitab tersebut. Mulai dari berita tentang peristiwa yang terjadi pada umat-umat terdahulu maupun peristiwa yang akan terjadi kelak di hari kiamat, nasehat-nasehat, kisah-kisah, adab, dan serangkaian hukum yang diperlukan manusia telah disebutkan semuanya.
Telah banyak karangan-karangan para ulama yang menyebutkan keutamaan-keutamaan membaca Al-Qur’an. Berikut ini merupakan sebagian kecil dari keutamaan-keutamaan tersebut. Hal ini menjadi momen yang sangat tepat untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, bulan diturunkannya Al-Qur’an, yang sudah berada di ambang pintu.
1.   Bisnis yang tak pernah bangkrut atau rugi.
Allah SWT berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al-Qur’an) dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka –baik dengan diam-diam maupun terang-terangan– mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” (QS. Fathir: 29)
2.   Menjadi manusia terbaik.
Rasulullah SAW bersabda:
Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)
3.   Bergabung bersama malaikat.
Rasulullah SAW bersabda:
“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir (pandai) akan disejajarkan bersama para malaikan Safarah, Kiram dan Bararah (malaikat pencatat yang mulia lagi taat). Sedangkan yang membaca Al-Qur’an namun masih terbata-bata dan mengalami kesulitan, ia akan diberi ganjaran dua kali lipat.” (HR Bukhari-Muslim)
4.   Menjadi umat yang unggul.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya dengan kitab ini (Al-Qur’an), Allah SWT meninggikan beberapa kaum dan menjatuhkan kaum lainnya.” (HR. Muslim)
5.   Menyambut syafa’at di hari kiamat.
Rasulullah SAW bersabda:
“Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pembawa syafa’at (pertolongan) untukmu” (HR. Muslim)
6.   Menuai pahala yang melimpah.
Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa membaca satu huruf saja dari Al-Qur’an maka ia berhak mendapatkan satu kebaikan. Satu kebaikan nilainya setara dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi, Hadis Hasan Shahih)
7.   Menaiki tangga surga hingga sampai pada anak tangga terakhir.
Rasulullah SAW bersabda:
“Dikatakan kepada para ahli Qur’an (pada hari kiamat): ‘Bacalah! Naiklah! Dan tartilkanlah sebagaimana kamu dahulu membacanya dengan tartil. Karena sesungguhnya tingginya derajatmu di surga sebanyak ayat-ayat yang kau baca’” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i. Hadis Hasan Shahih)
8.   Mengenakan mahkota kebesaran penduduk surga.
Diriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwasannya beliau bersabda:
“Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apa yang dikandungnya, maka (pada hari kiamat) Allah akan menghadiahkan sebuah mahkota kepada orang tuanya. Mahkota tersebut cahanya berkilau melebihi kilaunya matahari. Bagaimana menurut Anda dengan orang yang mengamalkannya?” (HR. Abu Dawud, Hadis Dha’if)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...