Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, August 4, 2011

Menyambut Bulan Ramadhan Agar Lebih Bermakna & Berkah

Ahlan wa sahlan ya Ramadhan. Ramadhan, bulan mulia yang dinantikan akan datang. Mari kita sambut dan isi Ramadhan kali ini secara istimewa, dengan cara:
  1. Mulailah berdo’a Allahuma baariklana fii rajab wa sya’ban wa balighna Ramadhan sejak bulan Rajab. Semoga Allah benar-benar mengizinkan kita berjumpa kembali dengan Ramadhan.
  2. Carilah ilmu tentang Ramadhan, seperti: hal-hal yang diwajibkan, disunnahkan, ataupun diharamkan selama bulan Ramadhan. Ilmu tersebut bisa didapatkan melalui berbagai sumber,: buku bacaan, diskusi, dan pengajian.
  3. Maafkanlah dan minta maaflah dengan orang-orang yang selama ini disadari atau tidak telah kita lukai.
  4. Perbanyaklah berpuasa sunat seperti puasa Rajab, Senin-Kamis, dan Daud. Dengan berpuasa sunat, insyaAllah kita akan menjadi terbiasa berpuasa di bulan Ramadhan.
  5. Bersihkanlah rumah Anda dan ubahlah suasana rumah menjadi lebih Islami sehingga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Misalnya, dengan mengganti nyanyian kurang bermanfaat dengan murotal.
  6. Rancanglah jadwal dan target selama Ramadhan. Libatkan juga keluarga sehingga ibadah bisa lebih menyenangkan.
  7. Persiapkanlah sejumlah ayat Al Qur’an, hadits, atau kata-kata hikmah untuk dikirimkan setiap hari kepada para sahabat.
  8. Efisienkan pengeluaran dan maksimalkan potensi keuangan sehingga harta yang berlebih dapat dioptimalkan untuk bersedekah ataupun berinfak di bulan Ramadhan.
  9. Jika ingin merayakan Idul Fitri dengan pakaian dan suasana baru, persiapkanlah seluruh keperluan tersebut sebelum memasuki Ramadhan. Hindari persiapan Idul Fitri mengganggu kekhusyukan beribadah di bulan Ramadhan.  
  10. Perbanyaklah membaca Al Qur’an dan amalan sunnah lainnya. Siapkan sebuah mushaf kecil di samping kita agar bisa dibaca setiap saat. Jangan biarkan sedetik pun di bulan Ramadhan berlalu tanpa memperbanyak amal ibadah.
  11. Hadirilah majelis-majelis ta’lim atau adakanlah pengajian-pengajian untuk menambah informasi dan ilmu agar amal ibadah di bulan Ramadhan menjadi lebih berkualitas.
  12. Berolahragalah secara teratur agar fisik kita senantiasa bugar selama Ramadhan. Para ahli kesehatan menganjurkan, olah raga ringan sebelum berbuka baik dilakukan bagi orang yang sedang berpuasa.
Semoga Ramadhan kita tahun ini bisa menjadi ramadhan terbaik dalam hidup kita. Amin.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...